Thursday, July 23, 2015

Never Give Up

title post ini mainstream bgt ya. tp beneran loh.

oke disini aku mau cerita perjalan menuju ptn.


banyak parah hambatannya. jadi ceritanya dulu aku les untuk sbm di palembang. pengen les diluar tp gak terlalu didukung sm orang tua. krn menurut mereka dimanapun les ya ttp sama.


terus mama papaku ngarep bgt aku undangan ky kk aku. atau seenggaknya ppkb.intinya lesnya ttp di palembang.

pagi bta, siang koko, malem private lagi dirumah.

memang full bgt tp aku bta dan koko ngejalaninnya males2an. apalagi bta. yang serius cuma private dirumah. 


terus wkt intensif sbm aku tbtb sakit ****. akhirnya aku operasi dan opname kira2 1 minggu lebih. bayangin aja ketinggalan materi sebanyak apa.


aku lupa jelasnya tanggal berapa diopname. pokoknya waktu pengumuman snmptn aku masi di opname dan ternyata gagal hehe. aku sih gk ngarep tp org tua aku ky support "gpp ya nak ini ya nak itu ya nak si A gimana? si B gimana?" misal di A lulus "yaudah nak gpp ya tenang aja blablablabla" terus garagara di support aku malah baper. terus kepikiran gt ya nangis kan ihiy nangis kejerlah.

mungkin kebanyakan nangs apa gimana gktau juga malemnya langsung sesek nafas sampe pasang oksigen rekam jantung segala macem. ya kyk org frustasi gt. akusih sedih karna blm bs banggain ortu ky kk aku dulu. undangan, gk susah2 les tes ini tes itu, ukt murah lagi.


terus papa blg "ya udah atu gk ush banyak pikiran lah. papa yakin pasti ppkb atu dapetlah. papa percaya sm atu. nanti kalopun seandainya ppkb gak dapet kita berangkat nak ke jakarta les sm ajik" agak tenang sih. krn emg pengen les ke jkt tp kmrn2 blm dpt support. dr situ aku mulai tenang. 


namanya juga di opname terus yang ngejenguk juga byk. dan dulu paling benci ditanya "farah gimana snmptnnya? anak tante lulus kmrn di blablabla" "farah lanjut kuliah dimana?" "farah blablablabla" ih kesel bgt w.

 

terus keluar dr rs lgsg lesnya bener2 diseriusin bgt terus lanjutlah pengumuman ppkb. jadi itu aku lg di jalan. abis les. terus aku gk mau ngecewain lg gt kan gelisah bgt ngerefresh terus nunggu jam 4. dan yak... gagal lagi. 


sebenernya aku waktu itu sempet ikutan pbuk ugm. kaya tes tulis ugm gt. salah satu jenis utul tp cuma antara anak2 dr orang tua yang kerja di tmpt mitra yang kerja sama sm ugm. jadi masih ada tungguan lulus gak pbuk ugm. tp kalo mau nunggu pbuk itu bakalan super bentar les di inten.


akhirnya aku bener2 fix ke jkt. les kesana tahan bayar full walau jatuhnya ketinggalan 1 bulan kl gk salah. daftar di inten fatma terus ngekos di jkt utk les doang. terus mama ngawanin gt di jakarta. jd aku ngekos sm mama. dari kosan ke inten deketlah. jalan kaki paling 10 menit tp kl sm kawan gk kerasa. (ceritanya disana udah ada ajik dan agrian yang udah les duluan, kosannya sebelahan sm aku)


di palembang waktu intensif sbm tiap hari aku makan enak enak terus di jkt aku makannya warteg gtgt yang mudah praktis dan deketlah. terus dengan setianya mama nunggu dikosan tanpa keluhan bosan. awalnya aku gk mau dikawanin mama krn kasian kan ngapain nungguin aku les di jkt sini. tp mama masih ttp mau nungguin krn br keluar dr rs juga blm fit nanti kl ada apa apa gmn. 


hari demi hari aku makin kepikiran udh byk bgt yang buat aku nyusahin ortu. aku gk mau gagal lagi. tp aku sangat salah jalan. jd wkt sbm ak pilihan satuku emang yang aku pengen dua dan tiganya bukan alternatif. tp lebih kaya ah aku lulus deh paling di pilihan dua atau tiga. nanti kalo dapet juga gadiambil. lulus aja deh pokoknya. intinya aku sombong bgt sumpah itu di pilihan dua dan tiga. aku gk mau gagal tp aku malah sombong gt.


jadi ceritanya hari2 sblm sbm tuh aku ngerasa ky siap gak siap gitu. yakin gak yakin. terus ky galau sepanjangan sampe nangis2 sendiri dikosan bayangin gmn kl beneran gk lolos ui :( mellow bgtlah. udah takut sebelum perang gitu. gksiap mental. kyk butuh waktu untuk belajar lebih byk lagi. sampe2 perna gk tidur sm skl krn mau belajar lebih banyak lagi. padahal otak udh ga sanggup.


terus waktu hari H, aku ngerasa kayak ulang tahun. line aku rameeee banget banget banget. super banyak yang blg "far semangat aku yakin bgt kamu bisa" "semangat par dak mungkinlah gagal lagi percayolah" "semangat aku percayo nn sm kau par" "blablablabla" akutuh gk mau ngecewain semua orang. aku gk mau gagal lagi. tp dengan aku digituin tanpa aku sadari aku semakin gugup. aku mikirin aku harus lulus. aku bukan mikirin aku hrs ngelakuin yang terbaik. malahan aku harus lulus. ujian mulai jam 7. aku masih gugup gak karuan. badan keringet dingin. sambil ngisi ljk gemeteran. kyk degdegan bgt gt. nah ditambah lagi aku dapet ruangan yg gak ber ac terus bangunan belanda gitu. tinggi banget bergema.


abis gitu mulai deh ujian saintek, awalnya aku kerjain biology dulu biar gk buang2 waktu. ak emang gk bisa gt ngerjain biology jd aku santai ajasih krn udah ada kyk 2 soal yg yakin udh alhamdulillah :") ngerjain sambil gemeteran gitu, sambil keringet dingin.. terus aku langsung ke kimia kan abis biology. nyari no 1 gk dapet. 2 angkanya ribet. terus sampe no 6 udh kayak mulai membiasakan diri gt he. terus pengawasnya bilang

"menurut jam saya.. waktu tinggal 35 menit lg" njir shck parahh blm sini fisika sm sekali mat ipa blm sama sekali. kimia baru setengah. mau mati bgt dah sumpah parah pikiran makin gk karuan. aku langsung ke mat ipa kan, terus krn bawaan gugup tegang aku gak nyari soalnyg mudah dulu aku malah kerjain dr no 1 gaada yg bisa dan aku buang2 waktu banget... sampelah no 5 mat ipa akhirnya aku dapet jwbn yg pasti.

waktu kerjain itu, ada kyk pengumuman gt di speaker.

"bagi seluruh peserta sbmptn diingatkan waktu tinggal 45 menit lagi" njr... diboongin pengawas... sakit hati kesel bete gtw lg. makin gugup kan terus aku loncat lg ke fisika. baru mulai enak kerjain soal, terus diatas gedung aku ujian kyk ada pesawat tempur lg latihan dan ribuuut bgt gilsss dan ruangan aku gema. g e m a. konsentrasi fix pecah. terus ngisi kebanyakan gt. gatau deh sbm kmrn kyk kacau gt sainteknya. cuma keajaiban jd yang bs bantu sbm aku. sedih bgt sumpah:( perjuangan slm ini kyk dikalahin sm gugup gt. bayangin aja coy.  aku udh pasrag bgtt itusih ngerasa yaudah kynya aku gagal lagi ini mungkin krn aku terlalu sombong. sampe sampe aku bener2 pasrah. dan mikir yatuhan pls lulus pilihan 3 juga jadilah na seenggaknya bisa blg aku lulus ko. gt deh. 


malemnya aku udah nangis2 mnt maaf sm papa krn aku yakin aku gabakal deh sbm aku juga udh motoin soal2 sbmku ke guru private dan sbmku sangat beda sm hasil hasil to. jauh. papa tp blg "yaudah nak apapun yang terjadi gaada yang mengurangi kebanggaan papa sama atu. yang penting atu udah usaha. papa percaya kok ini hanya permainan tuhan yang udah diatur" dan byklah keluar kata kata bijak si papa.


terus prepare buat simak aku lebih santai krn papa dateng juga ke jakarta. lebih relax dan lebih pasrah berserah diri kpd allah. shalat aku makin rajin bgt waktu mendekati simak. 


waktu simak aku kerjain dengan tenang plus sambil zikir dan ky aku percaya allah. aku bisa jawab ini alhamdulillah aku gak bisa jawab itu aku lewatin. aku ngerjain soal simak tenang bgtbgt. dan aku habis simak langsung ngelupain kl aku ikut simak. sampe aku mikir yaallah inilah kemampuan maksimalku. kalau ini bukan jalannya berarti memang aku yang gak mampu masuk ui. seenggaknya ini tanpa hambatan pengawas boong blablabla.


hari2 setelah simak aku gak kepo2 kunci juga krn soalnya ga boleh dibawa pulang. terus  aku juga lupa total apa aja soal simak kmrn. aku bener2 ky ga ada pikiran ky oh god im free. aku udh ga pedulilah. lulus engga yaudah.


terus waktu hari H pengumuman sbm aku bener bener fix super fix gak lulus :) udah ngeduga sih tp disitu aku liat kekecewaan papa. papa gak ngeluarin quotes2nya kt diem aja. agak frustasi aku. sangat sih. disitu aku ngerasa ky loser. udah ga lulus snm, ppkb, pbuk, dan skr  sbm. mungkin rejeki aku emg di swasta. tanpa menunggu pengumuman simak (krn gk mau sakit hati lagi) setiap ditanya org kuliah dmn aku udah langsung jawab binus. sebenernya gak malu kok kuliah di binus. apalagi aku wkt itu dibinus ambil double degree+dpt beasiswa. malah aku dulu sering ngmg "kynya di binus lebih seru dr ptn " gtgt deh. walau kadang org kalau denger kuliah di pts itu prestisenya kaya lebih bagus ptn.


aku udh cari info ttg fep binus terus binus funtastix gtgt karna udh males ngarep kan. eh tbtb pengumuman simak dimajuin mendadak. shock bgt sumpah. dr tanggal 27 diumumin tanggal 13. deg degan sih gk munafik walaupun aku udh ga ngarep tp masih degdegan. aku dirumah hari itu tidur2an sampe cape terus tanpa terasa udah jam 5 kurang 10 ak udh gak sabar bgt bolak balik nungguin jam 5. refresh terus refresh terus dan...



disitu aku ngerasain yang namanya bahagia sampe nangis. terus papa aku juga telfon dr kantor sambil nangis. papa juga bahagia sampe nangis. mama ku juga telfon aku sampe nangiss terus mami telfon byk parah yg telfon. disini aku bener2 ngerasa kekuatan tuhan itu ada. benerah deh.
HARD WORK WILL NEVER BETRAY! 

2 comments:

  1. alhamdulillaaaaaahhh so happyy to read this!!! :""")
    selamat yaaahh paaarr so proud of you laahh pokoknyaa, nanti main main ke jogja yaaahh mahasiswa :* congratss!!!!!

    ReplyDelete
  2. Ini postingan kapan aku baca nya nangis T.T

    ReplyDelete